HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

  • Viktor Pandra STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: teman sebaya, minat belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait adakah hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, karena di dalam penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara lingkungan teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Lubuklinggau. Dalam penelitian ini ada dua variabel bebas dan satu variabel terikat.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan teman sebaya (X1) dan minat belajar (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara teman sebaya dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Lubuklinggau, dengan koefisien korelasi sebesar 0.479. dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Lubuklinggau, dengan koefisien korelasi sebesar 0.362.

References

Bahri, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Porter, dkk. 2001. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Hadi, S. 1999. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Hurrlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hudoyo, H. 2001. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK.
Mahmud, D. 2009 Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud.
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Nasution S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Partimah S. S. 2000. “Persepsi terhadap Kepuasan Hidup Guru Sekolah Lanjutan”. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu H. S. 2001. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta. Gadjahmada Univercity Press.
Singer, K. 1990. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Karya.
Slameto. 1990. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1996. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.
Suryosubroto. 2000. Dasar-Dasar Psikologi untuk Pendidikan Sekolah. Jakarta: PT. Prima Karya.
Suparno, P. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Tambunan, E.H. 2004. Remaja Sahabat kita. Bandung: Indonesia Publishing House.
Yulastri, A. 2001. “Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan di Kotamadya Padang”. Yogyakarta: PPS IKIP Yogyakarta.
Astuti, N.P. 2001. Pengaruh Teman Sebaya dan Minat Belajar Metamatika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Akbar, A. H. 2004. Pengaruh Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I semester I SLTP Negeri Sempor. Yogyakarta : Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan.
Published
2011-12-31