EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Konvensional dalam pembelajaran Teorema Phytagoras. Desain penelitian yang digunakan adalah kelompok kontrol pretes-postes beracak dengan dua kelompok eksperimen (model pembelajaran Problem Solving) dan satu kelompok kontrol (model pembelajaran Konvensional). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau sebanyak sembilan kelas dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang dipilih secara random serta dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving efektif dalam pembelajaran Teorema Phytagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau dibandingkan model pembelajaran konvensional.
References
Gorman, R.M. (1974). The psychology of classroom learning: An inductive approach. Columbus, Ohio: Bell and Howell Company.
Muijs, D., & Reynolds, D. (2005). Effective teaching evidence and practice. London: SAGE Publications.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM, Inc.
Polya, G. (1973). How to solve it. A new aspect of mathematical method. New Jersey: Princeton Univercity Press.
Slavin, R.E. (1995). Cooperative learning. theory, research, and practice. Messachusetts: A Simon & Schuster Company.
Soedjadi, R. (2000). Wajah pendidikan matematika di Sekolah Dasar kita. Jakarta: Dep. P & K – PCP
Sudjana. (1998). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Supinah. (2007). Pembelajaran matematika dengan model PMRI. Modul Paket Pembinaan Penataran Tahun 2007. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Suryanto. (2000). Pendidikan realistik; Suatu inovasi pembelajaran matematika, Cakrawala Pendidikan, XIX 3, 109-116.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.