PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SMP NEGERI SUKA MULYA

  • Nurhayati N. SMP Negeri Suka Mulya
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran talking stick

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Alatalat Optik Melalui Model Pembelajaran Talking Stick di SMP Negeri Suka Mulya. Dengan permasalahan umum apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik di kelas VIII SMP Negeri Suka Mulya. Sedangkan permasalahan khusus pada penelitian ini adalah bagaimana strategi penerapan model pembelajaran talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik?, dan bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Suka Mulya setelah diterapkan model pembelajaran talking Stick? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penerapan model talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengadakan perubahan strategi, peneliti menggunakan media alat peraga melalui metode demonstrasi, memberikan contoh –contoh sederhana alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi kepada siswa yang tidak bisa menjawab dengan benar dan memberikan pujian kepada siswa yang dapat menyampaikan pendapat. Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran talking Stick meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan 61 pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat 71 dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran talking stick meningkatkan hasil belajar fisika.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud, 2004. Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Depddikbud.
Depdiknas, 2006. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: BSNP.
Dimyati, dkk, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim, 2001. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.
Roestiyah N.k, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sagala, Syaiful, 2007. Konsep dan Makna pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.
Sudirman, 1999. Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana, 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, 2003. Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.
Surakhmad, Winarno, 2000. Metodolgi Pengajaran. Jakarta: Universitas.
Susilo, Muhammad Joko, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutrisno, Hadi. 2002. Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Tim MKDK, 2000. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Tim STKIP. 2010. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Lubuklinggau: STKIP.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, B. Hamzah. 2008. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, Azis. 2009. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Published
2012-12-31