ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI KALOR DI KELAS X.9 SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Leo Charli STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal, Kalor

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dan salah satu cara untuk mengatasinya dengan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan, faktor penyebab, dan memberikan solusi mengatasi terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika materi kalor. TeknikĀ Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian kelas X.9 SMAN 2 Lubuklinggau.Dari hasil analisis data tes ditemukan persentase kesalahan konsep sebesar 91%, kesalahan strategi sebesar 50%, dan kesalahan hitung sebesar 77%. Berdasarkan hasil wawancara dan angket, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan konsep adalah siswa tidak memahami materi, siswa jarang mengulang materi yang sudah dipelajari dirumah, siswa tidak berani bertanya kepada guru jika ada hal yang belum dimengerti, siswa malas latihan soal, dan referensi belajar kurang lengkap. Penyebab kesalahan strategi adalah siswa tidak teliti membaca soal, siswa jarang latihan soal yang bervariasi, dan siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan. Penyebab kesalahan hitung adalah siswa tidak teliti dalam menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban, siswa kesulitan melakukan operasi hitung, dan guru jarang memberikan contoh soal yang bervariasi.

References

Hastuti, I, dkk. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2, 1-11.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suroso. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Thermodinamika Pada Siswa SMS Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS), 4 (1), 8-18.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FPI- UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.
Published
2017-06-30