REMEDIASI KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

  • Yaspin Yolanda STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Remediasi KPS, PBL, Suhu dan Kalor

Abstract

Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian yang dilakukan emi Atmawati yang berjudul Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Fisika Siswa Kelas XI IPA Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor di MA Muhajirin Tugumulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi KPS dengan pendekatan PBL. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data triangulasi yakni tes diagnostik lanjutan dengan reasoning aspek KPS, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian 18 siswadengan keterwakilan siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan persentase KPS menggunakan pendekatan PBL pada kriteria sangat terampil. Persentase KPS aspek observasi7,45% menjadi 70,2%; klasifikasi yaitu 11,09% menjadi 78,7%; mengajukan pertanyaan yaitu 5,64% menjadi 81,5%; berkomunikasi yaitu 9,13% menjadi 85,7%; berhipotesis yaitu 12,64% menjadi 88,6%; prediksi yaitu 9,43% menjadi 90,3%; bereksperimen yaitu 17,35% menjadi 92,5%; menggunakan alat dan bahan yaitu 4,42% menjadi 91,7%; menerapkan konsep yaitu 8,37% menjadi 92,4% dan intreprestasi yaitu 14,15% menjadi 93,5%.

References

Nurhasanah. 2016. Jurnal Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran konsep Kalor dengan Model Inquiri Terbimbing. 2 (12), 17-18.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yolanda, Yaspin. 2015. Keterampilan Proses Sains Sebagai Penilaian Pembelajaran Sebagai Implementasi Kurikulum K-13 dalam Prossiding Seminar Nasional Media Pembelajaran. Lubuklinggau: STKIP-PGRI Lubuklinggau
Published
2017-12-31