PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

  • Asep Ikin Sugandi STKIP Siliwangi Bandung
Keywords: Kemampuan Penalaran, kemandirian belajar, Penemuan Terbimbing

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes awal dan akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh model penemuan terbimbing terhadap kemampuan penalaran matematis  serta kemandirian belajar. Studi ini melibatkan 80 siswa dari salah satu SMP sedang di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari satu set soal, yaitu satu set soal mengenai kemampuann penalaran matematis seta satu set skala sikap mengenai kemandirian belajar. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada model konvensional dilihat dari keseluruhan dan Tingkat Kemampuan Awal Siswa (TKAS), (2) Kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada model konvensional dilihat dari keseluruhan dan TKAS  (3) Tidak  terdapat  interaksi antara pembelajaran dengan TKAS terhadap kemampuan penalaran matematis, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan TKAS terhadap kemandirian belajar (5) Terdapat asosasi antara kemampuan penalaran dan kemandirian belajar pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model penemuan termbimbing.

 

References

Pahmi, S. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematik serta Minat Belajar Siswa SMA melalui Metode Penemuan. Proposal Penelitian S-2 pada Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung : Tidak diterbitkan.
Priatna, N. 2003. Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota bandung. Disertasi Doktor pada PPS IKIP Bandung Press: Tidak Diterbitkan.
Putri, F.M. 2013. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Edumatica volume 03 Nomor 1 April 2013. ISSN : 2088-2157
Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Depdiknas.
Sumarmo, U. dkk. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan.
Published
2016-06-30