KERAGAMAN DAN KERAPATAN TUMBUHAN LIANA YANG TERDAPAT DI DAERAH ALIRAN SUNGAI RANDI YANG MENGALIRI DESA TANJUNG AGUNG KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

  • Destien Atmi Arisandy STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Keragaman dan Kerapatan, Liana, Daerah Aliran Sungai Randi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keragaman dan kerapatan tumbuhan Liana di daerah aliran sungai Randi Desa Tanjung Agung Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode yang digunakan adalah metode survey. Lokasi penelitian ditentukan secara Purposive Sampling pengambilan data menggunakan plot sistematik sebanyak 30 plot. Dari areal penelitian 3000 m ditemukan 20 spesies tumbuhan liana yang termasuk dalam 11 famili. Berdasarkan indeks Keragaman jenis (H’) didapatkan nilai 1,257. Berdasarkan kriteria Keragaman termasuk kategori sedang  yakni (1,0 -1,5). Kepadatan Tumbuhan Liana  ditemukan jumlah individu tertinggi adalah Tetracera scandens dengan jumlah kepadatan 46,67 batang/hektar, sedangkan yang memiliki jumlah kepadatan terendah adalah Calamus laevigatus dengan jumlah kepadatan 13,33 batang/hektar. hasil pengukuran faktor ekologi yang terdapat pada Daerah Aliran Sungai Randi Desa Tanjung Agung Kecamatan Krang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki suhu udara yang berkisar antara 25 – 31 50 C, kelembaban udara berkisar antara 78-98 %, pH tanah berkisar antara 6,2 – 7,0 dan kelembaban tanah berkisar 0, 35 %.

References

Anggraini, D. 2005. Jenis-Jenis Famili Cucurbitaceae (Labu-Labuan) Yang Terdapat di Desa Tunas Harapan Curup Kabupaten Rejang Lebon. Skripsi UMB. Bengkulu.
Arief, A. 1994. Hutan Hakikat Dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Ewusie, Y. 1990. Ekologi Tropika. ITB. Bandung.
Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Yayasan Sarana Wana Jaya. Jakarta.
Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.
Indriyanto. 2008. Pengantar Budi Daya Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.
Januminro, CFM. 2000. Rotan Indonesia.Kanisius. Yogyakarta.
Karudin. 2010. Keanekaragaman Jenis Rotan yang Terdapat di Hutan Lindung (Bukit Lilin) Desa Tanjung Agung Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas. Skripsi. UMB. Bengkulu.
Muslimin. 2006. Jenis-Jenis Famili Piperraceae (Sirih-Sirihan) Yang Terdapat di Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Skripsi. UMB. Bengkulu.
Safii, L. 2007. Tumbuhan Menjalar Disekitar Kita. Geger Sunten. Bandung.
Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Usaha Nasional. Surabaya.
Stenis, V. 1992. Flora Untuk Sekolah Di Indonesia. Pradnya Paramita. Jakarta.
Sumardi dan Widyastuti. 2007. Dasar-Dasar Perlindungan Hutan. UGM Press. Yogyakarta.
Tjitrosoepomo, G. 2005. Taksonomi Umum. Gadjah Universiti Press. Yogyakarta.
Yatim, W. 2003. Kamus Biologi. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Published
2015-06-30