PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA BIOLOGI STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Kreatif Mahasiswa Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau. Jenis penelitian ini ekperimen yang diawali dengan pemberian soal pretes dan penerapan model pembelajaran pada kedua kelas penelitian yang diakhiri dengan kegiatan postest. Pengolahan data pretes dan postes dengan menghitung jumlah skor dan dikonversikan kedalam bentuk nilai kemudian menginterpretasi nilai tersebut berdasarkan predikat. Dengan membandingkan hasil analisis data setiap kelas diketahui adanya perbedaan pada setiap kelas, sehingga diperoleh kesimpulanada pengaruh yang signifikan model problem based instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa biologi STKIP PGRI Lubuk linggau.
References
BKSDA. 2004. Rencana Pengelolaan konservasi sumber daya alam. Sumatera Selatan: Balai Konservasi Sumber Daya Alam Musi Rawas
Hasairin, A.2003 Taksonomi Tumbuhan Rendah (Thalophyta dan Kormophyta Berspora). Bahan Ajar Biologi. Medan FMIPA UNIMED.
Rifai, M. A. 1994. Menyiapkan Diri Mengajar Biologi. Jakarta: Pusat Gramedia.
Rustaman, N.Y. 1995. Pengembangan penalaran melalui klasifikasi kategorisasi seriasi: sebuah model pengajaran keanekaragaman tumbuhan berbiji di LPTK. Depok : Penggalang Taksonomi Tumbuhan Indonesia dan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Indonesia.
Rustaman, N. Y. 2001. Model Pembelajaran Materi Subyek Biologi Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Mahasiswa Calon Guru Biologi. Laporan Penelitian DIKTI Melalui Hibah Bersaing. FMIPA. IKIP. Bandung.
Sastrapradja, S. dan J.J. Afriastini. 1985. Kerabat Paku Herbarium. Bogor: Bogoriense.
Stepehen, dkk. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tjitrosoepomo, G. 1997. Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Semiawan. et. al. 1994. Mengembangkan Proses Berpikir Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia.
Sudijono. 2011. Pengantar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim penyusun kamus besar bahasa indonesia. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia.
Winkel, W. S. 1996. Bimbingan dan Konseling di sekolah menengah. Jakarta: PT. Grasindo.
Yudianto. 2007. Petunjuk Praktikum Botani. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.