PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 NOMAN KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah dengan menggunakan media animasi siswa kelas 1 SD Negeri 1 Noman Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan menghitung skor nilai rata-rata, menghitung persentase keberhasilan, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan siswa dalam membaca dan menulis huruf hijaiyah sebelum dan sesudah penerapan media animasi, mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase ketuntatasan belajar yang mencapai nilai 75 sebelum penerapan Media Animasi skor penguasaan siswa terhadap membaca dan menulis huruf hijaiyah hanya mencapai 60%, pada siklus I meningkat mencapai 87%, siklus II 96% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%.
References
Daud, Muhammad. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grafindo.
Dewi. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Rohani, Ahmad. 2007. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami. 2007. Animasi dalam Pembelajaran. www.uny.ac.id/akademik/default. php. Diakses pada 25 April 2014.
Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharma, dkk. 2011. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Yudhistira.
Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yasyin, Sulchan. 2005. Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah.
Zahara dan Husin. 2009. Bahasa Indonesia SMK dan MAK. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.