MODEL MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK MEMENUHI STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) SARANA DAN PRASARANA DI SMP HIDAYATULLAH KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model manajemen sekolah berbasis partisipasi masyarakat dalam memenuhi layanan minimal sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi kegitana, merencanakan, melakukan tindakan, pengawasan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya model manajemen sekolah berbasis potensi (ide, tenaga, dan pemikiran) masyarakat dapat meningkatkan keterpenuhan standar pelayanan minimal sarana dan prasarana hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata pada penerapan siklus III, menunjukkan hasil yang maksimal yaitu 83% sarana dan prasarana telah terpenuhi dan sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan
References
Bogdan, Robert and Biklen 2008. Qualitative Research for Education: An Introduction, to Theory and Methods: Boston: Allyn and Bacon.
Burn, Robert B. 2005. Research Methods: Action Research. Sidney: Longman
Depdiknas. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.
Mcniff, Jeans. 1992. Action Research Principles and Practice. London. Routledge.
Miles, MS and Huberman, AM. 2007. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. http://www.ed.gov/databased/qualidata.Ed54673534. Diakses 20 Mei 2014.
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.