ANALISIS FAKTOR EKSPLORATORI INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X

  • Nini Andriani Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Nur Fitriyana Universitas PGRI Silampari, Indonesia
Keywords: Exploratory Factor Analysis, Test Instruments, Learning Outcomes, Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar matematika yang valid dan reliabel dengan daya pembeda dan tingkat kesukaran yang dapat diterima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan modifikasi pada model Wilson, Oriondo, dan Antonio. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa. Produk instrumen tes dinilai oleh para ahli melalui lembar validasi isi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes layak dan memenuhi syarat dengan perolehan rata-rata indeks Aiken sebesar 0,802 dan memiliki butir soal yang berada pada kategori baik berdasarkan hasil analisis faktor eksploratori yang menunjukkan nilai KMO sebesar 0,661 dengan koefisien MSA tiap butir soal > 0,50 dan dan rotasi faktor tiap butir soal > 0,30. Instrumen tes juga memiliki karakteristik unidimensi dengan nilai eigenvalue sebesar 6,361 dan persen cumulative sebesar 21,202% serta reliabilitas soal sebesar 0,869 dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang dapat diterima.

References

Amrullah. (2018). Analisis Instrumen Tes Soal Pilihan Ganda Ujian Sekolah ( US ) Mata Pelajaran Al Islam Kelas XII SMA Muhammadiyah se-kota Palembang Pendahuluan Pendidikan mempunyai peran yang penting bagi kehidupan dan juga sebagai landasan dalam mewujudkan kehidupan yan. 1(1), 11–20.

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan Instumen Minat Belajar Siswa. 6(1).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Febriandi, R., Susanta, A., & Wasidi. (2019). Validitas Lks Matematka dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 148–158.

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63–70.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability and Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://ejournal.upi.edu/index.php/ije/article/view/1726

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), November, 6.
Khaerudin. (2015). Kualitas instrumen hasil belajar. Jurnal Madaniyah, 2, 212–235.

Magdalena, I., Ningsih, Y. A., Berliana, N., Gunawan, A. N., & Tangerang, U. M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Sari Putra. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 15–22. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/1134/792

Pandra, V., Kartowagiran, B., & Sugiman. (2021). Mathematics Test Development By Item Response Theory Approach And Its Measrument On Elementary School Students. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(5), 464–483. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i5.994

Pandra, V., Sugiman, S., & Mardapi, D. (2017). Development of Mathematics Achievement Test for Third Grade Students at Elementary School in Indonesia. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 769–776. https://doi.org/10.29333/iejme/647

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2), 151–157.

Rahmawati, N. D., Komarudin, & Suherman. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Matematika Berbasis HOTS pada Calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 860–871.

Sumsel.bpk.go.id. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidika. Sumsel.Bpk.Go.Id. umsel.bpk.go.id/2009/10/20/peraturan-menteri-pendidikan-nasional-ri-no-20-tahun-2007-tentang-standar-penilaian-pendidikan/#:~: text=Pemeriksa Keuangan RI.-, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 20,2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan&text=Penil

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Alfabeta, cv.

Zaenal Arifin. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu PenelitianZaenal Arifin. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 2(1): 28–36. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.
Published
2022-12-30
How to Cite
Andriani, N., Pandra, V., & Fitriyana, N. (2022). ANALISIS FAKTOR EKSPLORATORI INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(1), 44 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v5i1.2548