STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA KENORMALAN BARU

  • Lina Herlina Universitas Efarina
  • Leka Oktaviani Nababan Universitas Efarina
  • Aprilia Cahya Ningrum Universitas Efarina
Keywords: Strategi, Pembelajaran, Kenormalan Baru

Abstract

Masih belum normal pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah dasar pada masa kenormalan baru sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis strategi guru sekolah dasar dalam pembelajaran pada masa kenormalan baru di SD Negeri 122381 Pematang Siantar untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian, yakni guru kelas 3 dan kelas 5, siswa dan Kepala Sekolah SD yang ditentukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara partisipatif, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif, melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pada masa kenormalan baru, maka strategi yang digunakan guru kelas dalam pembelajaran di kelas, yakni melalui strategi belajar dalam kelompok kecil dimana siswa dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan beberapa siswa. Kemudian strategi belajar di area terbuka dimana pembelajaran dilakukan di luar ruangan kelas seperti di lapangan upacara atau lapangan olahraga, dan strategi belajar sambil bermain di dalam kelas, serta strategi guru melalui tanya jawab ketika guru selesai menjelaskan materi pelajaran. Adapun makna tindakan sosial pada strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran pada masa kenormalan baru merupakan tindakan rasional instrumental.

References

Ahyat, N. (2017) ‘Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), pp. 24–31.

Aulia Febri Anggrani dan Dr. H. Yoyok Soesatyo, SH, M. (2013) ‘Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekonomi Di Sma Negeri Bandarkedungmulyo Jombang’, Jurnal Pendidikan Ekonomo UNESA, p. 5.

Darmadi. H. (2018). Asyiknya belajar sambil bermain. Guepedia.

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Pandiangan, N. N., Syahrial, S. and Budiono, H. (2021) ‘Strategi Guru Dalam Menciptakan Proses Pembelajaran Menyenangkan Sebelum Dan Saat Masa Pandemi Covid-19’. Available at: https://repository. unja.ac.id/20763/.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna :Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2),285-312.

Setyosari, P. (2017) ‘Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), pp. 20–30. doi: 10.17977/um031v1i12014p020

Sutomo, S. (2017). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) dengan Metode Tim Kuis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 1 Materi Menyiapkan Proses Konstruksi Kayu Pada SMK Negeri 1 Wonoasri Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 191-226.
Published
2020-12-27