PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD KELAS V SDN 122380 PEMATANGSIANTAR

  • Nova Erawati Sidabalok Universitas Efarina
  • Salim Efendi
  • Agus Junsion Naibaho Universitas Efarina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 122380 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 122380 Pematangsiantar yang terdiri dari dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Terdapat pengaruh  model Pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN 122380 Pematang Siantar, hal ini dapat dilihat dari terdapatnya perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas control. Pada nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen 76.27 dan kelas kontrol yaitu 68.27. Berdasarkan analisis inferensial, terdapat pengaruh penggunaan model Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 122380 Pematang Siantar. Hal ini didasarkan pada data hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-Test dengan nilai p=0,002 < a = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penggunaan model Learning Cycle lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

References

Annisa, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Journal on Education, 4(3), 960-967.

Cahyani, A. A., Pertiwi, F. N., Rokmana, A. W., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 249-258.

Daryanto. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N. P. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 113-120.

Hamalik, Oemar. (2013).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara.

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Muinah, M., Nugroho, P. B., & Sulistyono, S. (2022). Translasi Representasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Cerita Sederhana. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 86-94.

Nurul. Z & Hari. S. (2013). Inovasi Model Pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender. Malang: UMM Press.

Sadiman, A. S. dkk. (2019). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, I. W. P., Suartama, I. K., & Putri, D. A. W. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arusmedia.

Sudjana. N. (2013). Penilaian Hasil Proses Hasil Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumkmadinata. (2013). Landasan Psikologi Poses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sagala. S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer.Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-06-16