Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V UPTD SDN 122380 Pematangsiantar

  • Yulianty Pasaribu Universitas Efarina
  • Agus Junsion Naibaho Universitas Efarina
  • Nova Erawati Sidabalok Universitas Efarina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan melihat bagaimna kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grub pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SDN 122380 Pematangsiantar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, dengan jumlah sampel 14 siswa. Dari hasil analisis data pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,12, dan pada postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,5. Berdasarkan dari data hasil uji -t yang diperoleh bahwa  >  yaitu 11,118 > 2,178, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji  regresi linier sederhana di peroleh R square sebesar 48,2 %  hal ini menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik mempunyai pengaruh sebesar 48,2% terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil data observasi memunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajran  tergolong kurang baik karena masih menggunakan metode konvensial atau ceramah sehingga tidak terdapat interaksi antar siswa.

References

Ahdar Djamaludin dan Wardana. (2019) Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV Kaffah Learning Center.

Aminudin, M,D. dkk. (2022). Analisis Keterkaitan Kemampuan Berpikir Terhadap Kemandirian Belajar dalam Mendukung Keberhasilan Proses Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol 1(1), hal. 49-57

Amral, & Asmal. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Gupedia.

Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi, T & Izatti.(2021) Analisis Keaktifan dan Tingkat Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Memecahkan Soal Matematika pada Pembelajaran Daring. Jurnal eksakta penelitian. Vol 5(2). Hal 150-155

Dewi, LA Rosmala., dkk. (2023). Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Griya Jurnalo of Mathematics Education and Application, Vol III(2), Hal. 444-452

Nurhayanah, D & Sari, S,A,P (2024). Difusi Inovasi Pendidikan Matematika Realisti Melalaui Lesson Study. PRISMA, prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 7 (2), Hal. 166-179

Suryanti, R., Priyatna,D., & Megawanti, P. (2023). Systematic Liteture Review: Kesulitan Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Hal.372-388
Published
2025-07-18