Optimalisasi Hasil Belajar Mahasiswa melalui Inovasi Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa berbasis literasi digital. Metode penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan R&D pada tahap penilaian (assessment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penggunaan bahan ajar. Desain penelitian yang dipilih adalah metode pre-experimental design jenis one group pretest-postest design. Untuk mengetahui uji keefektifan bahan ajar hasil penelitian dengan membandingkan hasil pretest dan postest dan dilanjutkan pengujian uji T menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian berjumal 34 mahasiswa semester III yang mengambil konsentrasi mata kuliah bahasa dan sastra daerah Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Adapun hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji keefektifan yang melibatkan 34 mahasiswa didapat nilai pretes ≥ 6,6 berjumlah 24 mahasiswa atau 70,58 % nilai terendah 50 tertingi 80 dengan nilai rata-rata 70 standar devisiasi 7.58. Sementara postes ≥ 6,6 berjumlah 30 mahasiwa atau 88,23% nilai terendah 60 nilai tertinggi 90 nilai rata-rata didapat 75.58 dengan standar devisiasi 7.36. Kemudian dilanjutkan melalui Uji-t One-Sample Test didapat nilai rata-rata pretes 70 dan standar deviasi 7.58 dan sig (2-tailed) = 0,00. Sementara nilai rata-rata postes 75,58 standar deviasi 7.36. Dengan demikian, bahan ajar berbasis literasi digital efektif digunakan pada pembelajaran mata kuliah bahasa dan sastra daerah. Hal itu didasarkan pada nilai sig (2-tailed) 0,00 lebih kecil dari nilai 0,05 (alpha value).
References
Bangkara, B. M. A. S. A., Hendrayani, E., & Pratisti, C. (2023). The Effectiveness of Digital-Based Marketing Science Teaching Innovation. International Journal of Social Science and Business. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.68188
Djono, D., Sudiyanto, S., Sukmawati, F., & Salimi, M. (2024). Systematic literature review: effects of digital teaching materials on learning achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(4), 2678. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.26357
Dung, T. T., & Khanh, T. G. (2024). Solutions for developing and managing digital learning materials serving general educational innovation in the current period. Viện Đại Học Mở Hà Nội, 9. https://doi.org/10.59266/houjs.2024.453
Dick, Walter, Lou Carey, dan James O Carey. (2005). The Sistematic Design of Instruction. Bostom: Pearson.
Firmansyah, R., & Rusman. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital untuk Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 45–52.
Kabatiah, M., Batubara, A., Ramadhan, T., Rachman, F., & Tanjung, P. (2023). Digital Design of Teaching Materials in Microteaching Courses by Implementing Borg and Gall Method. https://doi.org/10.4108/eai.24-10-2023.2342188
Kasim, J. (2024). A Review on Technological Innovations in Education. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(6). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i06.34022
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Padang: Akademia Permata.
Muslim, M., Jalinus, N., Ridwan, R., Sugiarto, T., Fernandez, D., & Setiawan, D. (2023). Project-Based Teaching Materials in Increasing the Knowledge and Skills of Vocational High School Students. Mimbar Ilmu (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Singaraja), 28(3), 373–381. https://doi.org/10.23887/mi.v28i3.61370
Ningsih, C. M., Kusmana, S., & Gloriani, Y. (2024). Digital Teaching Materials of Logical Thinking - Oriented Exposition Text for X Graders of SMA/MA/SMK. International Journal of Educational Research Excellence, 3(2), 755–766. https://doi.org/10.55299/ijere.v3i2.1070
Ng, W. (2012). Can We Teach Digital Natives Digital Literacy? Computers & Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., & Santoso, P. B. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 87–94.
Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas.
Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.
Pannen, Paulina dan Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas.
Qudsi, H., Kumrawat, S., Goswami, M., Siddiqui, S., & Chavda, N. K. (2024). Transforming Education through ICT: Bridging Theory and Practice. Nanotechnology Perceptions. https://doi.org/10.62441/nano-ntp.vi.4018
Satinem, S., Juwati, J., Angelina, W., & Gabriella, M. (2024). Kepraktisan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Literasi Digital Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Silampari. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(2), 272-279.
Siahaan, M., & Ismet, I. (2023). Digital Teaching Materials Based on Attention Relevance Confidence Satisfaction Substance Pressure Material. Journal of Curriculum Indonesia, 6(1), 69. https://doi.org/10.46680/jci.v6i1.77
Sofiantari, A. R., & Astuti, T. (2024). Development of Android-Based Digital Teaching Materials Using Articulate Storyline 3 to Increase Student Motivation and Learning Outcomes in Natural and Social Science Subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 10(6), 3501–3510. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7690
Siahaan, M., & Ismet, I. (2023). Digital Teaching Materials Based on Attention Relevance Confidence Satisfaction Substance Pressure Material. Journal of Curriculum Indonesia, 6(1), 69. https://doi.org/10.46680/jci.v6i1.77
Sutarto, J. (2020). Development of Teaching Materials for Need-Oriented Training to Improve the Learning Pedagogic Competence. https://doi.org/10.4108/EAI.29-6-2019.2290414
Setiawan, D., & Maryani, I. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 33–40.
Sembiring, T. Br., Thosan, G., Fadli, M., Apriyanto, R., Namira, S., & Purba, T. D. F. (2024). Dampak Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 2(3), 275–280. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v2i3.76
Tuti, E. R. (2023). Developing Teaching Material “Jurus Kilat! 6 Minggu Mahir Membaca Tanpa Eja” To Solve Initial Reading Difficulties in Primary School. Al-Aulad. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i2.28488
Wardana, R., & Amidi, A. (2024). The effectiveness of outdoor learning-based teaching materials for middle school students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 19(2), 142–149. https://doi.org/10.18844/cjes.v19i2.6986

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.