PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TENTANG MATERI SEJARAH SEBAGAI ILMU DI SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU

  • Andriana Sofiarini STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Pengaruh, model Cooperative Script, hasil belajaran

Abstract

“Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tentang Materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X tentang materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X berjumlah 138 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X. IIS 3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X. IIS 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa harga thitung = 3,45. Hasil ini dibandingkan dengan ttabel (db/df = 60) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00. Hal ini menunjukan bahwa hasil perhitungan thitung lebih besar daripada ttabel yang dapat dituliskan seperti berikut ini 3,45 > 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas X tentang materi Sejarah Sebagai Ilmu di SMA Negeri 3 Lubuklinggau.

References

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar): Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan Kurniasih, I. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Bandung: Kata Pena.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana dan Sudrajat. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Published
2017-12-31