Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri Karang Jaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri Karang Jaya. Supervisi akademik merupakan salah satu fungsi penting kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui pembinaan profesional guru secara terencana dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan wakil kepala sekolah, serta studi dokumentasi terhadap perangkat supervisi dan administrasi pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga menghasilkan gambaran yang komprehensif mengenai pelaksanaan supervisi akademik di sekolah tersebut. Fokus kajian meliputi perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindak lanjut supervisi, serta dampaknya terhadap kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru dan mutu proses pembelajaran di SMP Negeri Karang Jaya. Supervisi yang terencana, partisipatif, dan berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan budaya sekolah yang kolaboratif dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian, implementasi supervisi akademik tidak hanya berfungsi sebagai bentuk kontrol, tetapi juga sebagai sarana pengembangan kapasitas guru secara berkesinambungan.
References
Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201-212.
Maulidiyah, H. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Songgokerto 03 Kota Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 375-397.
Muslim, A., & Mulloh, T. (2022). Analisis kebijakan program guru penggerak sebagai upaya regenerasi supervisor pendidikan yang berkualitas di indonesia. Journal Publicuho, 5(3), 790-801.
Ramadina, R., Siregar, N. S., Tantri, A., Daulay, N. A., Ubaydillah, M., & Maulana, M. R. (2023). Peran Supervisi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan Mengajar. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-16.
Rasu, Y., Rawis, J. A., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. (2021). Supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 55-61.
Soro, S. H., Rhamdani, N., Defauzi, P., & Erawan, R. D. T. (2023). Supervisi Pendidikan Implementasi Supervisi di Satuan-Satuan Pendidikan. Penerbit P4I.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 149-155.
Zulfiani, Z., Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 25-36.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









