PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni, dengan desain yang digunakan yaitu random, pre-test, post-test desain. Sebagai populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang berjumlah 332 dan sebagai sampel yaitu kelas VIII.2 (kelas eksperimen) dan kelas VIII.5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk tes akhir untuk taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 72 diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,87 > 1,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir dikelas eksperimen sebesar 75,32 dengan persentase jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM sebesar 62,16%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau.
References
Silberman, Melvin. 2011. Active Learning. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata. 2003. Landasan Pendidikan. Jakarta.: Raja Grafindo Persada.
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.