PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU

  • Nora N. STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Anna Fauziah STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Dodik Mulyono STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: pembelajaran aktif, index card match, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni, dengan desain yang digunakan yaitu random, pre-test, post-test desain.  Sebagai populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang berjumlah 332  dan sebagai sampel yaitu kelas VIII.2 (kelas eksperimen) dan kelas VIII.5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk tes akhir untuk taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 72 diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,87 > 1,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir dikelas eksperimen sebesar 75,32 dengan persentase jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM sebesar 62,16%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Silberman, Melvin. 2011. Active Learning. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata. 2003. Landasan Pendidikan. Jakarta.: Raja Grafindo Persada.
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani.
Published
2014-06-30