EFEKTIVITAS MODEL EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model explicit instruction secara signifikan efektif meningkatkan kemampuan memahami konsep keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 199 mahasiswa dengan jumlah samplel 38 orang (30%) dari jumlah populasi. Sedangkan teknik analisis data dengan langkah-langkah, yaitu: menghitung simpangan baku, uji normalitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model explicit instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep keterampilan dasar mengajar. Hl ini dibuktikan dari hasil uji t0 = 5,27 yang dikonsultasikan dengan tabel tt pada taraf signifikan 5% harga yang diperoleh adalah 2,02, sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh harga tt = 2,71. Dengan demikian hipotesis diterima karena t0 lebih besar daripada tt, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%.
References
Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Sukardi, Ismail. 2013. Model-Model Pembelajaran Modern. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta: Prenada Media Group.
Winataputra, Udin S. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud: Universitas Terbuka.
Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.