HUBUNGAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN DENGAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN ISI LAPORAN SECARA LISAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARA KULAM

  • Rika Diana STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Noermanzah N. STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Nur Nisai Muslihah STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Hubungan, Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan, Kemampuan Menyampaikan Isi Laporan secara Lisan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi yang berjumlah 52 orang. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu menghitung nilai individu kemampuan  menulis  laporan  perjalanan  dan  menghitung  nilai  individu kemampuan menyampaikan isi laporan secara lisan, kemudian menghitung tingkat korelasi  variabel  X  dan  Y  dengan  menggunakan  rumus  indeks  korelasi  “r” Produck Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan rhitung yang diperoleh lebih besar daripada rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,86 > 0,274.

References

Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmaja, Jati F. 2010. Buku Lengkap Bahasa Indonesia & Peribahasa. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Finoza, Lamuddin. 2001. Aneka Surat, Statuta, Laporan, dan Proposal. Jakarta: Diksi Intan Mulia.
Ilyas, Nursyam. 2011. Intisari dan Soal Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kosasih, E. 2012. Kompetensi Ketatabahasaan. Bandung: Y Rama Widia.
Maryati dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Jakarta: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.
Muda, Akhmad A.K. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta: BPFE.
Nurhasanah dan Didik Tomianto. 2007. Kamus Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta: CV Bina Sarana Pustaka.
Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharma, dkk. 2011. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Yudhistira.
Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yasyin, Sulchan. 2005. Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah.
Zahara dan Husin. 2009. Bahasa Indonesia SMK dan MAK. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Published
2014-12-31

Most read articles by the same author(s)