Analisis Kendala Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) bagi Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa di Universitas PGRI Silampari dan Universitas Muhammadiyah Palembang. Kurikulum MBKM adalah kebijakan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan agar lebih siap dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif yang melibatkan 600 mahasiswa dari kedua universitas tersebut. Hasil survei menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti program MBKM dan menganggapnya bermanfaat untuk pengembangan keterampilan, masih terdapat banyak kendala dalam implementasinya. Kendala-kendala tersebut meliputi kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap kebijakan MBKM, minimnya sosialisasi, ketidaksesuaian program dengan minat mahasiswa, masalah administrasi, keterbatasan sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman IT. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, universitas, dan pihak terkait lainnya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi program MBKM.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bethlehem, J. (2009). Applied Survey Methods - A Statistical Perspective. https://doi.org/10.1002/9780470494998.ch5
Fitriani, R., Nugroho, A., & Kartika, D. (2023). valuasi Program MBKM dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 9(2), 45–60.
Hudjimartsu, S. A., Prayudyanto, M. N., Sutisn, S. P., & Arien Heryansyah. (2022). PELUANG DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. 7(1), 58–70. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6245
Husaini, M., & Ruslan Afandi, A. (2023). Problematika dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. 7, 20662–20671.
Kemdikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kemendikbud.
Kemdikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kemendikbud.
Kodrat, D., Tinggi, S., Asing, B., Sebelas, S., & Sumedang, A. (2001). Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-ilmu Agama Available online at https://jurnal.staisebelasapril.ac.id/index.php/almujaddid Online ISSN: 2655-271X Print ISSN: 2747-2906. 3(3), 48–61.
Minarwati, & Basri, M. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.
Misnawati, M., & Zuraini, Z. (2023). Dampak Implementasi Program Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Almuslim. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2702–2717. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i5.3268
Prasetyo, A. (2023). Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan MBKM: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(3), 200–215.
Prasetyo, B., & Handayani, L. (2023). Tantangan dan Peluang Pelaksanaan MBKM di Universitas XYZ. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 78–92.
Rachmawati, T., & Rachmat, R. (2022). Pengaruh Program MBKM terhadap Pengembangan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan, 8(3), 234–250.
Sri Dewi Anggadini, Surtikanti, Siti Kurnia Rahayu, Adeh Ratna Komala, Lilis Puspitawati, & Wati Aris Astuti. (2022). Persepsi Mahasiswa Atas Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Lingkungan Prodi Akuntansi Unikom. Jurnal Pendidikan, 23(1), 64–76. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2563.2022
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administratif. Alfabeta CV.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar , 2001, 1–12.
Syarifuddin, et al. (2021). Dosen Penggerak Dalam Era MBKM. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Yulindaputri, T., & Sutrisno, S. (2023). Analisis Problematika PTKIN di Indonesia dalam Melaksanakan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 13(1), 67–79.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.