PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD KELAS VIIA SMP NEGERI SUMBER REJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor menggunakan model cooperative learning tipe STAD di kelas VII A. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA dan penguasaan materi IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor di kelas VII A dimulai dari do’a dan absensi, apersepsi dilanjutkan guru membagi kelompok, siswa melakukan eksperimen sesuai dengan LKS, guru memberikan tugas kepada semua kelompok untuk berdiskusi dengan menyelesaikan LKS yang diberikan guru, setelah diskusi selesai guru mempersilahkan setiap kelompok presentasi dan dikomentari kelompok lain, guru memberikan penghargaan dengan memajang kelompok terbaik di papan tulis, terakhir guru mengajak berdo’a bersama. 2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor menggunakan model cooperative learning tipe STAD di kelas VII A mengalami peningkatan setiap siklusnya, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa pra siklus ada 11 siswa atau 37% yang tuntas, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 20 siswa atau 67% dan pada siklus II ada 26 siswa atau 87%, sedangkan keaktifan belajar peserta didik siklus I yaitu ada 18 siswa atau 60% dan pada siklus II ada 25 siswa atau 83%, hasil tersebut sesuai indikator yang ditentukan.
References
Ahmadi, A., & Widodo S. (2009). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan handout fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.
Dimyati & Mujiono (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud bekerjasama dengan Rineka Cipta.
Etin, S. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara.
Lie, A. (2014). Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia.
Pamungkas, S. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 83-90.
Sulhiyati, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 20-28.
Sulistiyono, S., & Dewiyanti, F. (2014). Penerapan Model Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 16-21.
Sugiono. (2007). Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Yuliani, M. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Super. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1-9.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.