Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon

  • Aila Anggi Oktavia Putri Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas PGRI Silampari
Keywords: LKPD, discovery learning, keterampilan proses sains, rasa ingin tahu.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD berbasis discovery learning yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon. (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning. (3) mengetahui peningkatan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Al-Furqon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar observasi. Kelayakan LKPD berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli dari aspek materi diperoleh skor 40 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek media diperoleh skor 41 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek bahasa diperoleh skor 55 termasuk dalam kategori sangat baik. LKPD berbasis discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa, hal ni ditunjukkan dengan nilai standard N-Gain sebesar 0,81 untuk keterampilan proses sains dan 0,76 untuk rasa ingin tahu yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD  berbasis discovery learning termasuk dalam kategori baik sehingga layak untuk kegiatan pembelajaran dikelas.

References

Algiranto, A., Nikat, R. F., & Sulistiyono, S. Analysis of Students' Science Process Skills Assisted with Digital Worksheets on Temperature and Heat Materials. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 37-43.

Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Di SMP Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129-139.

Branch, Robert. (2009). Instructional Design The ADDIE Approach. USA: Springer.

Novebrini, S., et all. (2021). Penggunaan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 7(2), 179-188.

Novitasari, A., et all. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8 (1), 91-104.

Nuriyah, et all (2019). Pentingnya Model Contextual Teaaching And Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan, 1 (1).

Putrayasa, I. , et all. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Indeks Permata Pri Media.

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Education an Learning. 2(2).

Slameto. (2016). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sundayana. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Trianto. (2018). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Triyanti, M., & Sulistiyono, S. (2023). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 270-280.

Widoyoko E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-07-08