Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau

  • Angesta Catur Prastiawati Universitas PGRI Silampari
  • Destien Atmi Arisandy Universitas PGRI Silampari
  • Ria Dwi Jayati Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem untuk Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan uji validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi desain berada pada kategori valid dengan nilai persentase 75% berada pada kategori valid. Hasil validasi bahasa berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 90% berada pada kategori sangat valid. Hasil validasi materi berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 97% berada pada kategori sangat valid. Uji kepraktisan untuk guru IPA dengan persentase 80% berada pada kategori praktis, kemudian pada uji coba siswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 27,8 berada pada kategori praktis. Terakhir pada uji coba siswa kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 28,9 berada pada kategori praktis.

References

Aldo, N., Revita, R., & Nurdin, E. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika SMP Kelas VII. Jurnal Review Pembelajaran Matamatika, 6(2), 115-

Algiranto, A., Nikat, R. F., & Sulistiyono, S. (2022). Analysis of Students' Science Process Skills Assisted with Digital Worksheets on Temperature and Heat Materials. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1). 129.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kantun, S., & Budiawati. (2015) Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi Yang digunakan Oleh Guru Di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 129-146

Nisa, A., Sudarmi., & Samini. (2015). Efektifitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi sains Siswa. Jounal Unnes.ac.id, 4(3), 1050.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Mebuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Divapress.

Rahmawati, T.A. Supardi, Z. A. I., & Hariyono, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dengan Model POE (Predict Observe Explain) Untuk Melatih Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1232-1242.

Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Romadhona, N.T., Aprilianti, D., Lidia, A., Prayoga, Prasadana j., Nurbaetia, Asbari, M., & Novitasari, D. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar. Journal of Commuty Service and Engagement (JOCOSAE), 2 (6), 18-23.

Sarry, Y. C. C., Yulinda, R., & Putri, R. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis PBL Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jounal On Teacher Education, 4 (4), 346-357.

Sutjipto, B. (2011). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susilo, H. (2014). Modul Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Triyanti, M., & Sulistiyono, S. (2023). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 270-280.

Widyastuti, I. N., Wiryokusumo. I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick and Carey dan Menggunakan Concept Mapping pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Education and Developmen, 7(2), 176.
Published
2024-07-08