Uji Fitokimia dan Pengaruh Ekstrak Etanol Batang Betadin (Jatropha Multifida L) terhadap Jumlah Leukosit Mencit (Mus Musculus) Jantan Diinduksi Imunos

  • Eka Lokaria STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Zico Fakhrur Rozi STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Dyani Triwulan Siptiani STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Uji Fitokimia, Ekstrak Etanol Batang Betadin, Jatropha multifida L, Mus musculus

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder yang ada dalam ekstrak J.multifida L. serta pengaruhnya terhadap jumlah Leukosit mencit (M. musculus) jantan yang telah diinduksi Imunos. Pada pengujian senyawa metabolit sekunder yang terkandung pada ekstrak kasar etanol batang J. multifida L. adalah alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin. Pada uji pengaruh ekstrak etanol batang Jatropha multifidaL., hewan coba yang digunakan adalah 30 ekor Mus musculus jantan Swiss Webster yang dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan. Kelompok I sebagai kelompok kontrol, kelompok II diinduksi imunos, kelompok III diinduksi imunos dan Prednikson, kelompok IV diinduksi imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,028 g/Kgbb, Kelompok V diinduksi Imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,056 g/Kgbb dan Kelompok VI diinduksi Imunos dan diberikan ekstrak dengan dosis 0,084 g/Kgbb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol dari batang Jatropha multifidaL. mampu menurunkan jumlah leukosit Mus musculus jantan yang telah diinduksi Imunos dengan optimum pada dosis 0,028 g/Kgbb sebesar 10.230/ mm.

References

Ayoola, GA., Coker, HAB., Adesegun, SA., Adepoju-Bello, AA., Obaweya, K., Ezennia, EC., and Atangbayila, TO. 2008. Phytochemical Screening and Antioxidant Activities of Some Selected Medicinal Plants Used for Malaria Therapy in Southwestern Nigeria. Trop J Pharm Res, September 2008; 7(3): 1019-1024, University of Benin.
Chozin, A 1996. ” Uji Brine Shrimp dan Analisa Kandungan Kimia Fraksi Metanol 95% Daun Suren, Tuna Sureni(BI)”. Prosiding Symposium Penelitian Obat Alami VIII. Perhitungan Penelitian Bahan Kimia Alami. Balittro: Bogor.
Gandasoebrata, R. 1984. Penuntun Laboratorium Klinik. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hariana, A. 2006. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Seri pertama. Jakarta: Penerbit Penebar Swadaya.
Hidayah, H. 2001, Studi Pengaruh Penambahan Ion Mg 2+ terhadap Aktivitas Enzim Lipase dari Bacillus Megaterium. Malang: Universitas Brawijaya.
Novita, S. Tutik. 2012. Pengaruh Pemberian Ekstrak Brotowali (Tinospora Crispa, L.) terhadap Perkembangan Folikel Ovarium Tikus Putih (Rattus Norvegicus, L.). Thesis Universitas Negeri Yogyakarta.
Pasaribu, Subur S., Marliana, Eva dan Napitupulu, Boby Sulistiyo. 2008. Uji Fitokimia, Toksisitas dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Batang Jarak Cina (Jatropha multifida L.). Jurnal Kimia. Vol 5(2), Universitas Mulawarman.
Prihandana, Handoko dan Rio. 2006. Menghasilkan Biodiesel Murah Mengatasi Polusi dan Kelangkaan BBM. Agromedia Pustakan: Jakarta.
Smith, J.B., dan Mangkoewidjojo, S. 1988. Pemeliharaan, Pembiakan, dan Penggunaan Hewan Percobaan di Daerah Tropis. Jakarta: Penerbit UI-Press.
Raaman, N. 2006. Phytochemical Techniques. New India Publishing Agency: Pitam Pura.
Tjindarbumi, D. dan Mangunkusumo. R. 2002. Cancer in Indonesia, Present amnd future, Jpn.Clin: Oncol.
Yuharmen, Eryanti, Y. dan Nurbalatif. 2002. Uji Aktivitas Antimikroba Minyak Atsiri dan Ekstrak Metanol Lengkuas (Alpinia galang). Jurnal Natur. Vol 4(2), Universitas Riau.
Yunitasari. 2011. Isolasi dan Uji Senyawa Aktif Batang Jatropha multifida L terhadap Peningkatan Jumlah Trombosit Mus musculus Jantan dan Pengembangan Hasil Penelitian sebagai Sumber Belajar Kimia. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu. Thesis.
Published
2013-12-31

Most read articles by the same author(s)