Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Sejarah

  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Pengembangan, Kreativitas, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Pembelajaran Sejarah di lapangan menunjukkan sebagian besar kegiatan pembelajaran Sejarah memposisikan pelajar sebagai objek. Siswa tidak mendapat kesempatan untuk membangun dan memberikan interpretasinya terhadap materi yang diberikan yang berhubungan dengan tujuan pengajaran yang akan dicapai. Tantangan yang akan dihadapi guru Sejarah pada saat ini dan masa yang akan datang adalah menuntut guru agar mempunyai peran yang besar dalam pengembangan kreativitas, salah satunya adalah kemampuan guru Sejarah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk merekonstruksi, menafsirkan, dan menuangkan gagasan-gagasan yang dimiliki siswa. Selain itu, paradigma baru pembelajaran Sejarah menggunakan konstruktivisme, dan pengembangan keterampilan berpikir, pemilihan metode atau media yang dapat menunjang dan mengembangkan kreativitas siswa serta adanya kesepahaman dari semua guru Sejarah tentang esensi dari pemebelajaran Sejarah itu sendiri.

References

(htp ://www.historcyooperative.org/journals/ht35.3/yarema.Html).
Garvey, B. dan M. Kurg. 1977. Models of History Teaching in The Secondary School. United States: Oxford University Press.
Gawronski, 1969. History Meaning and Method. Amerika: Scoot, Foresman and Company.
Hasan, Hamid. 1999. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Depdikbud.
Husband, Chris. 1996. What is history Teaching. United State: Open Unversity Press.
Jarolimek, Jhon dan Parker, walter. 1996. Social Studies in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co.
Kamarga. 2000. Guru yang Efektif. Jakarta : Rineka Cipta.
Lawson. 1995. Science Education Information Report. California. Wadsworth Publishing Co.
Mackinolty, Judi. 2001. Primary Source (Terjemahan). Jakarta: Gramedia.
Maxim, George.1995. Social Studies and The Elementry School Child. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Moore.1986. Creative Thinking (Terjemahan). Jakarta : Gramedia.
Munandar, 1999. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Putrawa.1998. Kretivitas dalam Pembelajaran. Bandung : Tarsito.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.
Supriadi.1985. Kepribadian Siswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Thornton.1994. The Teaching of Education. Terj. Jakarta : Gramedia.
Wasserman.1986. Kreativitas Guru (Terjemahan). Jakarta: Rineka Cipta.
Welton and Mallan. 1994. The Teaching History. Barkely: USA.
Woolever and Scoot.1988. Cognitive, Production, dan Evaluation. USA : Barkley USA.
Yarema, Allan E. 2004 A Decade of Debate : Improving Comtent and Interest In Historia Education.[online] Tersedia: http://www.History operative.org/journals/ht35.3/yarema.htlm [1-2-4].
Published
2013-12-31