MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KOTA LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memetakan minat siswa terhadap pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lubuklinggau tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis datanya menggunakan triangulasi melalaui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data (data reduction), 3) penyajian data (data display), 4) verifikasi (conclusion drawing/verification), 5) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat yang cukup baik terhadap pelajaran Sejarah karena dari beberapa indikator minat seperti perhatian, kemauan, dan kebutuhan pada pelajaran Sejarah pada umumnya sudah cukup baik. Dari beberapa indikator minat yang diajukan pada umumnya siswa menyenangi pelajaran Sejarah. Faktor guru menjadi penentu dari berminatnya siswa dalam pembelajaran Sejarah, karena guru Sejarah di SMA Negeri 1 Lubuklinggau dalam melakukan pembelajaran sudah dapat menggunakan motede ataupun model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan menimbulkan daya tarik siswa dalam belajar Sejarah.
References
Daryanto, 2010. Belajar Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Djaali. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gerungan. 1999. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.
Gross. 1978. Educational Psychology. New York: Prentice Hall.
Holt, Jhon. 2010. Mengapa Siswa Gagal. Jakarta: Erlangga.
Isjoni, 2007. Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ismaun. 2007. Paradigma Pendidikan Sejarah yang Terarah dan Bermakna. Jakarta: Erlangga.
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sardiman, 1998. Sejarah dan Tantangan Masa Depan. Yogyakarta: IKIP Yogya.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suciati dan Irawan. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Depdiknas.
Suryabrata, S. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Radjawali.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.