Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Riyadhus Sholihin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Discovery Learning yang layak serta untuk mengatahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Riyadhus Sholihin. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Validasi ahli materi memperoleh skor 57 dengan kategori Baik, validasi ahli media memperoleh skor 48 dengan kategori Sangat Baik, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor 32 dengan kategori Sangat Baik. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kualitas dari segi materi, media dan kebahasaan. Selain itu LKPD fisika berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,42 (kategori sedang). LKPD fisika berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,67 (kategori sedang). Secara keseluruhan, ketiga hasil validasi tersebut membuktikan bahwa LKPD Fisika berbasis Discovery Learning layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Riyadhus Sholihin.
References
Faisal, M., Syafrizal, S., Sakdiah, H., Muliani, M., & Sari, A. M. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(1), 72-83.
Hamalik, O., (2009), Proses Belajar Mengajar, penerbit PT bumi Aksara, Jakarta
Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika di Smp. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Hidayaturrohman, Roby dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Fisika Berwawasan SETS untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional pendidikan Fisika 2017. Vol. 2.
Indah, I. M., & Sulistiyono, S. (2025). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis Discovery Learning Di SMP II Al-Furqon Megang Sakti. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1361-1368.
Putri, A. A. O., Gumay, O. P. U., & Sulistiyono, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(1), 80-91.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suslu, S. (2016). Motivation of ESL teachers. Journal of TESL 12(1). Retrieved from http://iteslj.org/Articles/Suslu-TeacherMotivation.
Sutrisno. (2018) Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Yulizah, Y., Sulistiyono, S., & Rozi, Z. F. (2025). Analisis Kebutuhan Modul Kimia Asam-Basa Berbasis Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 1 Kota Lubuklinggau. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 402-411.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









