PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA ASPEK PSIKOMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL

  • Ahmad Amin STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Instrumen Penilaian, Aspek Psikomotor, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kelayakan instrumen pembelajaran fisika aspek psikomotor siswa dengan menggunakan model PBL. 2) mengetahui tingkat kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran fisika menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan Tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Validitas Intrumen di ukur menggunakan analisis CVR (Content Validity Ratio) kemudian reliabilitas menggunakan ICC (Interclass Correlation Coefficient). Hasil penilaian aspek psikomotor dikelompokkan dalam deskriptif  kategori interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) instrumen layak digunakan dilihat dari hasil validitasnya memperonel nilai CVR 1,00 dengan kategori sangat baik dan hasil uji reliabilitasnya denganmenggunakan ICC mendapatkan nilai 0,99 sangat reliabel, 2) hasil penilaian tingkat kemampuan psikomotor siswa  menunjukkan 18,94% siswa sangat tinggi, 54,16 kategori tinggi, 23,73 % sedang dan  3,07% sangat rendah.

References

Anas, Sudijono. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Depdiknas, (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdiknas.
Azwar, Syaiffudin. (2015). Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gliem, Joseph A & Rosemary Gliem. (2003). Calculating, Interpreting, and Reporting Cronbach's Alpha Reliability, Coefficient for Likert Type Scales. Jurnal. Midwest Research to Practice Conference in Adult, Continuing, and Community Education.
Herliani, Elly. Dkk. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Panagan, Mas'udi. (2015). Kondisi Pendidikan Bangsa Indonesia. Diakses tanggall Oktober 2015 pukul12.04 WIB dari http://www.kompasiana.comlwww.masudi.panagan.comlkondisi -pendidikan-bangsa­ indonesia 5530117b6ea834b9198b4651
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukiman. (2008). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madiri.
Trowbridge, Leslie W. & Rodger Bybee. (1986). Becoming a secondary school science teacher. Columbus: Merril Publishing Company.
Widyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2017-06-30