KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 LUBUKLINGGAU

KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 LUBUKLINGGAU

  • Merti Triyanti Universitas PGRI Silampari
  • Usman Nulhakim SMA Negeri 7 Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Guide Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk pada rancangan quasi-experiment (rancangan semu) dengan desain pre-test and pos-test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Lubuklinggau, kemudian sampel penelitian dipilih melalui metode simple random sampling. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test dengan taraf signifikasi 5%, kemudian dilakukan uji N-gain untuk mengetahui signifikansi peningkatan pree test dan post test. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil analisis data dari uji independent t-test, memperoleh nilai sig. (2tailed) < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran guide inquiry efektif terhadap keterampilan proses sains siswa. 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.

Algiranto, A., & Sulistiyono, S. (2020). Development of Physics Students Worksheets with Scientific Approaches to Improve Skills Critical Thinking and High School Student Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.

Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.

Algiranto, A. (2018, May). Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 287-292).

Azwar. S. (2015). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). Penggunaan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125-133.

Suswati, E., & Triyanti, M. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar biologi pada materi limbah menggunakan model pembelajaran Cooperatif Scrift di kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(2), 126-134.

Budiono, E., & Susanto, H. (2006). Penyusunan dan penggunaan modul pembelajaran berdasar kurikulum berbasis kompetensi sub pokok bahasan analisa kuantitatif untuk soal-soal dinamika sederhana pada kelas X semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2).

Hidayanti, W., Merti Triyanti, M. P., Widiya, M., & Si, M. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Tugumulyo. Stkip Pgri Lubuklinggau, Lubuklinggau.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstul dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nikat, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218-230.

Marzuki, A. (2019, February). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.

Roestiyah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. (2019). Keefektifan pembelajaran fisika dengan kerja laboratorium ditinjau dari ketercapaian pemahaman konsep, sikap disiplin, dan tanggung jawab siswa sma. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 35-43.

Sulistiyono, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Investigation untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Penguasaan Materi Siswa SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 33-41.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyanti, M., Harmoko, H., & Lestari, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi dan Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri Jayaloka. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 99-108.

Triyanti, M., & Nulhakim, U. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Menggunakan Model Pembelajaran Student Acilitator And Explaining. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 43-51.

Triyanti, M., & Nulhakim, U. (2021). Pengembangan LKPD Biologi Berbasis Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Perspektif Pendidikan, 15(1), 37-48.
Published
2022-06-09

Most read articles by the same author(s)