PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATERI SEJARAH SEBAGAI ILMU, MITOS, LEGENDA, DONGENG

  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari
  • Tiara Titania Universitas PGRI Silampari
Keywords: Komik, Sejarah, Mitos, Legenda, Dongeng

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komik pada materi sejarah sebagai ilmu, mitor, legenda, dongeng dengan menintegrasikan ceritas rakyat lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan model 4-D. Bedasarkan analisis data validasi produk dari validator ahli materi memperoleh hasil 0,89 termasuk dalam katogori sedang, ahli media memperoleh persentase hasil 0,67 termasuk dalam kategori sedang, dan  ahli bahasa sebesar 0,75 dengan kriteria sedang. Selanjutnya pada uji kepraktisan yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata 4,5 dari siswa dengan kriteria sangat praktis kemudian hasil penilaian dari guru diperoleh rata-rata 4,4 dan termasuk dalam ketgori sangat praktis. Sehingga dari hasil validasi ahli dan uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa modul media pembelajaran berbasis komik pada materi sejarah sebagai ilmu, mitor, legenda, dongeng dengan menintegrasikan ceritas rakyat lubuklinggau sangat baik dan disetujui untuk digunakan sebagai bahan ajar.

References

Amri, S., & Rohman, M. (2013). Startegi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Erviana, Y. V., Pratiwi. D. R., & Fatmawati. L. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (1), 81-86.

Febriandi, R., Susana, A., Wasidi. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 152

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Hasanadi, 2017. Kearifan Lokal dlam Cerita Rakyat Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, Vol 3.No 2 hal 82

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari-Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pedagogia. Suryani, Nunuk. (2012). Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Ombak.
Published
2022-12-11