PERSEPSI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU

PERSEPSI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH STKIP-PGRI LUBUKLINGGAU

  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari
  • Isbandiyah Isbandiyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan dosen dalam pelaksanaan pembelajaran daring. penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan  yang  berlaku  untuk  umum  atau generalisasi. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Daring pada perkuliahan dimasa Pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori kurang baik dengan persentase secara keseluruhan 53,2%. Kendala yang terdapat dalam proses pembelajaran daring pada perkuliahan dimasa pandemic Covid 19 terdiri dari ketidak stabilan jaringan internet, pengaruh kualitas gadged, waktu belajar yang terbatas, serta kurangnya pemahaman mahasiswa/i terhadap materi perkuliahan

References

Asrori.(2020). Psikologi Pendidikan. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Efendi, Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Hidayatullah, Nurrochman. (2020). Belajar dari Covid-19 Perspektif Sosiologi, Budaya, Kebijakan & Pendidikan. Yogayakarta: Kita Menulis.

Hilmi Zhafira, Nabila. (2020). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19”. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol.4.No.1.

Hendra, Faisal. (2013). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Kemahiran Bahasa Universitas Al-Azhar Indonesia”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humoniora. Vol.2. No.1.

Liliweri, Alo. (1994). Persepsi Teoritis. Bandung: Cipta Adityta Bakti.

Maulida. (2017). “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Di SMAS Al- Falah Lam U Aceh Besar”.Skripsi. Banda Aceh: Uin Ar-Raniry.

Maulana, Hutomo Atman. (2020). “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi”. Jurnal Pendidikan.Vol.8. No.2.

Nizam. 2020. Buku Panduan Penyelenggaraan Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Ruswandi.(2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Rosali, Ely. (2020). “ Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid- 19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya”, Geography Science Education Journal, Vol.1, No.1.

Shihab, M Quraish. 2007. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Qur’an. Tanggerang: Lentera Hati.

Soewandi, Jusuf. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sunaryo.(2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Ridwan. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: UNIKA

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wariyah, dkk. (2014). “Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mercu Buana Yogyakarta”. Jurnal Sosio-Humaniora. Vol.5. No. 4.

Widayanti, Sri. (2020). “Persepsi Mahasiswa pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring”. Child Education Journal. Vol.2. No.2.

Widiyono, Aan. (2020). “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD di saat Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan, Vol.8, No.2.
Published
2022-06-09

Most read articles by the same author(s)