PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH GEOGRAFI SEJARAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah geografi sejarah di STKIP-PGRI Lubuklinggau. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisa data menggunakan statistik parametris dengan uji z dan rumus persentase untuk menganalisis angket. Dari analisis postes hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen menghasilkan rata-rata nilai 68,45 dan kelas kontrol 48,21. Dan berdasarkan uji z di dapat bahwa zhitung= 4,17 dengan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 = 20 +19 – 2 = 37 dan = 0,01 diperoleh Ztabel = 2,58 Maka Zhitung = 4,17 > ztabel= 2,58, hal ini berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah geografi sejarah. Kemudian pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar mahasiswa dapat dilihat dari analisis data angket yang diajukan 90% ≤ P ≤ 100% dengan kriteria sangat baik mahasiswa menjawab pertanyaan positif pada angket.
References
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Aunurrahman, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Banowati, Eva, 2014. Geografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Dimyati, Mudjiono, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Djaali, 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2012. Strategi Belajar Mengajar (edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B.Uno, 2013. Profesi Kependidikan (problema, solusi. dan Reformas Pendidikan di Indorusia). Jakarta: Bumi Aksara.
Latuheru, Hamidjo, 2012. Media Pembelajaran dalam proses belajar Mengajar. Ujung Pandang: IKIP Ujung pandang.
Munadi, Yudhi. 2013. Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta:Referensi.
Rohani,Ahmad, 2010. Pengelolaan Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief, S, dkk, 2012. Media Pendidikan (Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatanya). Jakarta : PT. Raja Grafindo persada.
Sanaky, AH. Hujair. 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sudjana, 2012. Metode statistika. Bandung : Tarsito.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suryabrata, S. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Radjawali.
Utomo, Budi Witomo, 2010. Tesis Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas VII Sekolah menengah pertama Negeri Kecamatan Kota Kudus. Bandung: UPI.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.