VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN BUKU AJAR MATA KULIAH BIPA BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA MAHASISWA UNIVERITAS PGRI SILAMPARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan kevalidan dan kepraktisan buku ajar mata kuliah BIPA berbasis Out Come Based Education (OBE) pada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Silampari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development, dengan populasi dan sampel penelitian seluruh mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang mengambil mata kuliah BIPA, dengan jumlah 32 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis persentase dan rerata hasil belajar. Hasil validasi terhadap buku ajar dari ahli desain memperoleh persentase 0,70 kategori valid, ahli materi dengan persentase 0,80 kategori valid, dan ahli bahasa mendapatkan persentase nilai 0,85 kategori valid. Kepraktisan buku ajar mata kuliah BIPA diketahui dengan cara evaluasi one to onediperoleh respon yang positif dari mahasiswa dengan persentase nilai angket sebesar 92,67% kategori sangat praktis dan evaluasi kelompok kecil sebesar 91,44% kategori sangat praktis. Rerata hasil belajar sebesar 88,25 menunjukkan tingkat keterbacaan buku ajar mata kuliah BIPA yang sangat baik.. Dengan demikian, produk buku ajar mata kuliah BIPA berbasis OBE dinyatakan valid dan parktis, serta menunjukkan tingkat keterbacaan yang sangat baik, sehingga buku tersebut layak digunakan sebagai buku ajar
References
Astuti, Tri. (2018). Kumpulan Cerpen “Jeramba-Jeramba Malam’ Karya Mimi La Rose Dkk. (Alternatif Pengembangan Buku ajar Apresiasi Sastra di Sekolah). Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Linguistik Indonesia Cabang Universitas Bengkulu, 3 November 2018, hal. 303-313. ISBN 476-623-7074-16-8.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Buku ajar untuk Persiapan dosen dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media. dia seconline.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Dokumen 001.
Direktorat Penjaminan Mutu. (2018). DITJENBELMAWA KEMENRISTEKDIKTI. Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran(Outcome-based Education/OBE).
Durohman, dkk. (2018). Pengembangan Perangkat Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistematika SMA. Vol. 2. No. 1. P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216.
Fujiawati, Fuja Siti (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni, Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol.1, No.1, April 2016 ISSN 2503-4626, hal. 16-28
Kusmiatun, Ari. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K. Media.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Panduan Kreatif Membuat Buku ajar Inovatif. Jakarta: Depdiknas
Muliastuti, Liliana. (2019). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Prastowo, Adi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Buku ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Retma Sari, Dzikrina Dian Cahyani (2020) Pengembangan Buku Ajar Bipa Untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan. Indonesian Journal of Education and Learning. Vol. 4/No. 1/Oktober 2020. ISSN 2598-5116 (Print) ISSN 2598-5108(Online).
Setyosari. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Siregar, Lery Rahmatullah, dkk. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik MesinVolume 4 Nomor 2, November 2017.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Pedoman Akademik. (2022). Pedoman Akademik STKIP-PGRI Lubuklinggau. Lubuklinggau: Unpari.
Ulfah, Anisa dan Jumaiyah. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan”. Jurnal IP Inovasi Pendidikan. Vol. 2, No. 1 (2018), ISSN 2579-4388.
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Yogyakarta: Bumi Aksara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.