PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CTL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 “CITA-CITAKU” KELAS IV SEKOLAH DASAR 47 LUBUKLINGGAU

  • Rina Agustini Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari
  • Raden Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Tema 6 “Cita-Citaku” pada pembelajaran tematik yang valid, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator yaitu ahli media, bahasa, dan materi, guru kelas, dan 32 peserta didik kelas IV SD Negeri 47 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, deseminate. Hasil analisis validasi ahli media memperoleh angka 0,86 dalam kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh angka 0,85 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli materi memperoleh angka sebesar 0,87 dengan kategori sangat valid. Rekapitulasi persentase kepraktisan mencapai 92,15% dalam kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektivitas memperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Tema 6 “Cita-Citaku” valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD Tema 6 “Cita-Citaku” Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) layak digunakan dalam pembelajaran tematik peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

References

Damayanti, L., Suana, W., Riyanda, A.R. (2022). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif Beirbasis Augmeineiteid Reiality Peingeinalan Peirangkat Keiras Koimputeir. IKHRAIT-INFOiRMATIKA, 6(1), 10-19.

Gusdiana, P., Eigoik, A. S., & Firduansyah, D. (2021). Peingeimbangan Meidia Koitak Peirmainan Spinning Wheieil pada Mata Peilajaran IPA Peiseirta didik Keilas IV SD Neigeiri 69 Lubuklinggau. Linggau Jurnal Oif Eileimeintary Schoioil Eiducatioin, 1(2), 44-45.

Heindryadi. (2017). VALIDITAS ISI : TAHAP AWAL Peingeimbangan Kueisioineir. Jurnal Riseit Manajeimein Dan Bisnis (JRMB Fakultas Eikoinoimi UNIAT, 2(2), 173.

Kusnanto, R. A. B., & Frima, A. (2022). Perspektif Belajar Dengan Seni Di Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 286-295

Prastoiwoi, A. (2016). Analisis Peimbeilajaran Teimatik Teirpadu. Jakarta: Keincana.

Rijal, A., & Eigoik, A. S. (2019). Peingeimbangan Bahan Ajar Meimbaca Beiroirieintasi Strateigi Pq4R Di Keilas Iv Seikoilah Dasar. Jurnal Basiceidu,3 (2), 355–371. Https://Doii.Oirg/10.31004/Basiceidu.V3i2.13

Sugiyoinoi. (2014). Statistika Untuk Peineilitian, Bandung: Alfabeita.

Sumantri, M.S. (2015). Strateigi Peimbeilajaran Teioiri dan Praktik Ditingkat Peindidikan Dasar. Jakarta: Rajawali

Winarni, W., Ei. (2018). Teioiri dan Praktik Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-06-16