PENGARUH TEKNIK MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SPERMATOPHYTA SISWA KELAS X SMAN 3 LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh teknik mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau pada materi spermatophyta. Metode yang digunakan berupa eksperimen murni dengan rancangan penelitian menggunakan nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 3 Kota Lubuklinggau, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu kelas X4 sebagai kontrol dan X6 sebagai eksperimen. Teknik analisa data menggunakan uji-t yang sebelumnya dilihat terlebih dahulu homogenitas dan normalitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh teknik mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Berdasarkan uji-t diketahui bahwa teknik mnemonik mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau pada materi Spermatophyta dilihat dari peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan teknik mnemonik.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bakken, J.P. & Simpson, C.G. 2011. Mnemonic Strategies: Success for the Young-Adult Learner.The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 7 (2), December 2011.
Buzan, T. 2002. Use Your Perfect.tifemory. Teknik Optimalisasi Daya Ingat. Temuan Terkini tentang Otak Manusia. Terjemahan Basuki Heri Winarno. Yogyakarta: Ikon Terelitera.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. KBK: Standar Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi SMU dan MA (Buku 1-C). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Higbee, K.L. 2003. Mengasah Daya Ingat. Semarang: Dahara Prize.
Koksal, O., Sunbul, A.M., Ozturk, Y.E., dan Ozta, M. The Impact of Mnemonic Devices on Attainment and Recall in Basic. Mevlana International Journal of Education (MIJE) Vol. 3(4), pp. 265-278, 1 December 2013.
Laing, G. 2010. An Empirical Test of Mnemonic Devices to to Improve Learning in Elementary Accounting. Journal of Education For Business, 85 (6), 349-358.
Mahalle, M.T.V & Aidinloeu, N.A. 2013. An Investigation of the Effects of G5 Mnemonic Technique in Learning Vocabulary among Iranian EFL Learners. International Journal of Linguistics. ISSN 1948-5425 2013, Vol. 5, No. 2.
Purwanto, H. 2012. Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: Kedokteran EGC.
Siriganjanavong, V. 2013. The Mnemonic Keyword Method: Effects on the Vocabulary Acquisition and Retention. English Language Teaching; Vol. 6, No. 10; 2013 ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750.
Stine, J. M. 2002. Double Your Brain Power: Meningkatkan Daya Ingat Anda dengan Menggunakan Seluruh OtakAnda. Jakarta: Gramedia.
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Susanto, P. 2002. Pembelajaran Konstruktivis dan Kontekstual sebagai Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Sains dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004). Makalah disajikan dalam Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Kolaborasi FMIPA UM-MGMP MIPA Kota Malang tanggal 19-20 Maret 2004 di FMIPA Universitas Negeri Malang.
Suwarno. 2007. Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA & MA. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.
Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.