Kepraktisan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Literasi Digital Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Silampari
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan uji kepraktisan bahan ajar hasil pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan desain model pengembangan Dick and Carey. Dengan demikian artikel ini khusus membahas bagian implementasi sebagai lanjutan dari tahap pengembangan yaitu uji kepraktisan bahan ajar. Uji kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan menggunakan angket kepraktisan bahan ajar yang ditinjau dari tiga aspek yaitu kemudahan penggunaan, kemenarikan sajian, dan kebermanfaatan bagi pengguna. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengambil konsentrasi mata kuliah bahasa dan sastra daerah. Hasil dan pembahasan menunjukan bahwa dari hasil rekapitulasi pada saat uji kepraktisan dari uji one to one didapat hasil berjumlah 82,66% masuk kategori sangat praktis. Sementara uji small group didapat 84,57% masuk kategori sangat praktis. Dengan demikian bahan ajar hasil pengembangan sangat praktis digunakan oleh mahasiswa dan dosen mata kuliah bahasa dan sastra daerah.
References
Dick, W, Lou C, dan James O C. (2005). The Sistematic Design of Instruction. Bostom: Pearson.
Dari, W. U., Sulistiyono, S., & Arini, W. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri Prabumulih II. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(1), 59-69.
Hopipatussolihah. (2022). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Pada Kelas V SDN 2 Tebaban. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 4, No. 2, Desember 2022, Hal. 305-314. E-ISSN: 2714-7711 DOI: 10.37216/badaa.v4i2.757
Juwati, J., Abid, S. ., Rohman, A. ., & Indani, T. R. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Mengunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker di Stkip-Pgri Lubuklinggau. DIKLASTRI : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, Dan Sastra Indonesia, 1(2), 85–91. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/200
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Padang: Akademia Permata.
Manshuri,dkk. (2022). Buku Ajar Literasi Digital. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.
Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas.
Putri, A. A. O., Gumay, O. P. U., & Sulistiyono, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon.
Riduwan (2003) Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabet.
Restianty, Ajani. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. GUNAHUMAS Jurnal KehumasanVolume 1, Nomor 1, Edisi, Agustus, Tahun 2018 ISSN – 2655-1551
Satinem dan Juwati. Designing Writing Material of Short Story through Show Not Tell Model at SMA Xaverius Lubuklinggau.Journal of Indonesian Language Education and Literary JILEL ISSN: 2548-222X Vol. 2, No. 1, June 2017.
Satinem dan Juwati. Development of Teaching Materials of Poetry Writing Using Pictures for the Elementary Students. Advances in Language and Literary Studies ISSN: 2203-4714. Vol. 9 No. 3, Mei 2018.
Zahra, A, dkk. 2020. Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Diterbitkan Oleh : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Kuningan Volume 16 Nomor 1 Tahun 2020 Halaman 10-21
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.