EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model Co-op Co-op dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen semu (quasi experiment) dengan desain pre-test and post-test group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes sebagai data utama dan nontes. Teknik tes berupa tes esai dan teknk nontes menggunakan wawancara. Teknik analisis data dimulai dari mencari simpangan baku, uji normalitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan model model Co-op Co-op efektif dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik yakni uji “t” diketahui to = 6,74 lebih besar dari tt baik pada taraf signifikansi 1% (2,64) maupun 5% (2,02).
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Chaer. A. 2006. Apresiasi Sastra. Jakarta: Rineka Cipta.
Darma. 2008. Analisa Wacana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darminta. 2008. Apresiasi Sastra, Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 1998. Apresiasi Bahasa dan Sastra, Jakarta: Angkasa.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Endraswara. 2005. Kajian Cerpen. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Slavin, Robert. E. 2011. Cooperative Learning, Jakarta: Nusa Media.
Sudarman, Paryati, 2008. Menulis di Media Masa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Bandung: Kencana.
Wiyanto, Asul 2005. Kesusastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.