PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI ASAM BASA TERHADAP ASPEK KESADARAN LINGKUNGAN, RESPON, DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMK N 3 LUBUKLINGGAU

  • Yeni Trianah Universitas Musi Rawas
Kata Kunci: Pendekatan Sains Tekonologi Masyarkat (STM), Asam Basa, Hasil Belajar

Abstrak

This study aims to determine the increase in environmental awareness, response, and student learning outcomes on acid-base material usiang a community science technology approach. The method in this study uses a quasi-experimental class X2 SMK Negeri 3 Lubuklinggau. The instruments used are questionnaires and pretest postest questions. The results showed that: 1) there was an increase in students’ environmental awareness with the indicators being students’ knowledge, understanding, attitudes, and actions with the awareness indicator valur at the pretest 2,83% belonging to “low awareness”, while for the postest, the avarege the value of awareness indicator is 3,85% and belongs to the criteria of “moderate awareness”; 2) student responses also show a positive repsonse; and 3) student learning outcoms also show an increase in the precentage of 87% of studentf in the “complete learning”. Based on the results, it can be concluded that the scientific technology approach of the community can increase environmental awareness, knowledge, and student learning outcomes on acid-base materials.

Referensi

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dsar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Pedagogia, vol 2 (1): 98-108

Afni, N., Khairil., dan Abdullah. (2014). Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Jurnal Biotik, vol 2 (2): 77-137

Gusfarenia, D. (2013). Model Pembelajaran Sains Tekonologi Masyarakat (STM). Jurnal Edu-Bio, vol 4 (1): 21-31

Junita, S., A. Halim., dan Marlina. (2016). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol 4 (2): 117-126

Mas’ud, A. (2014). Desain Model Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan STM Berbasis Kepulauan Di SMA Kota Ternate. Jurnal Edu Bio Tropika, vol 2 (1): 121-186

Luzyawati, L. (2015). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Subtopik Pencemaran Air. Jurnal Wacana Didaktika, vp; 3 (19): 47-54

Riastuti, R.D. (2015). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Di SMA N 1 Kota Padang. Jurnal Bioedukatika, vol 3 (2): 30-38

Septiawan, I.G.K., N.W. Arini., DAN i.g.w.Sudatha. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Semester Ganjil Di SD Negeri 2 Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD, vol 3 (1): 1-10

Titin, W., Sunarno., dan M. Masyukri. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inkuiri, vol 1 (3): 245-257

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontesktual Bermuatan Nilai. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Diterbitkan
2019-12-27

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##